Sabtu, 10 Juli 2010

TANDA-TANDA HARI KIAMAT - Berdasarkan Al-Hadits

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dalam Al Qur’an, Allah SWT berfirman, Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Al A’raaf’ : 187)

Beberapa hari menjelang tgl 9 bulan 9 tahun 1999 yang lalu beredar berita burung tentang akan adanya malapetaka, kiamat atau kerusuhan yang katanya akan terjadi pada tgl 9 bulan 9 tahun 1999. Berita itu pada awalnya berasal dari ramalan yang dimuat di sebuah majalah dan kemudian ditanggapi pula oleh media-media lain. Namanya juga berita seram maka bermacam-ragam reaksi orang sa’at mendengarnya. Ada yang sungguh percaya; ada yang ragu-ragu, antara percaya dan tidak; ada pula yang bersikap tidak perduli karena tidak percaya. Ada pedagang yang memutuskan untuk tidak berdagang pada hari itu; ada pelajar yang tidak bersekolah; ada orang yang pergi bersemedi di gunung; dan ada yang mengadakan shalat hajat; serta ada yang melangsungkan pernikahan dengan alasan agar mudah diingat. Macam-macam tingkah manusia.

Ramalan tentang terjadinya kiamat bukanlah barang baru karena sudah ada sejak zaman dulu. Tidak ada satu makhluk pun yang tahu kapan terjadi. Kiamat adalah ilmu milik Allah Yang Menciptakan Alam beserta seluruh isinya ini. Karena tidak ada yang tahu, tetapi dipercaya bahwa kiamat akan terjadi maka banyaklah ramalan yang dibuat oleh orang-orang. Ada yang meramal berdasarkan suatu kejadian yang aneh, misal bila angsa bertelur warna hitam; ada berdasarkan angka-angka atau tanggal yang unik seperti yang baru terjadi kemarin. Ada pula yang berbau ilmiah, yaitu dengan melihat perputaran dan pergerakan benda-benda langit. Menurut mereka semua benda langit seperti matahari, bumi, bulan, Mars, Venus, Uranus, Mercurius, Saturnus, Pluto dll bergerak menuju ke satu titik dan akhirnya berbenturan satu sama lain dan itulah saat terjadinya kiamat, kata mereka.

Bagaimana Islam mengajarkan hal ini kepada umatnya? Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dikatakan agar jangan percaya kepada ramalan karena tidak akan diterima ibadah shalatnya selama 40 hari.

Tanda-tanda Kiamat.

Hanya Allah Yang Maha Mengetahui kapan terjadinya kiamat itu. Walau demikian dalam hadits-hadits banyak diriwayatkan bahwa Nabi SAW pernah memberikan tanda-tanda akan terjadinya kiamat itu, a.l. yaitu :

1) Apabila ada budak perempuan melahirkan anak tuannya, maka itulah satu di antara tandanya. (HR. Bukhari dan Muslim)
2) Apabila ada orang yang semula miskin papa menjadi pemimpin manusia, maka itu termasuk di antara tandanya. (HR. Bukhari dan Muslim)
3) Apabila orang-orang yang tadinya menggembalakan ternak jadi saling berlomba memperindah gedung-gedung mereka, maka itu termasuk di antara tandanya. (HR. Bukhari dan Muslim)
4) Hari Kiamat tidak akan terjadi hingga matahari terbit dari Barat. (HR. Bukhari dan Muslim)
5) Kiamat tidak akan tiba sebelum dibangkitkan kurang lebih tiga puluh Dajjal pendusta, semuanya mengaku sebagai utusan Allah. (HR. Bukhari dan Muslim)
6) Kiamat hanya akan terjadi setelah ada 2 kelompok besar yang berperang, di antara mereka terjadi pertempuran yang hebat, sedang dakwaan mereka sama. (HR. Bukhari dan Muslim)
7) Belum terjadi kiamat sebelum seorang yang melewati kuburan berkata : “Alangkah baiknya sekiranya aku di tempat orang ini. (Maksudnya dia ingin mati dan tidak ingin hidup karena beban berat yang selalu dihadapinya). (HR. Bukhari dan Muslim)
8) Kiamat tidak akan tiba sebelum api keluar dari tanah Hijaz yang dapat menerangi leher unta-unta di Bashrah. (HR. Bukhari dan Muslim)
9) Apabila amanah diabaikan maka tunggulah kiamat. Yaitu apabila perkara (urusan) diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya. (HR. Bukhari)
10) Belum akan kiamat sehingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan ayahnya. (HR. Bukhari)
11) Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan nan megah. (HR. Bukhari)
12) Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat. (HR. Bukhari)
13) Kebodohan menjadi dominan. (HR. Bukhari)
14) Arak menjadi minuman biasa. (HR. Bukhari)
15) Zina dilakukan terang-terangan. (HR. Bukhari)
16) Wanita berlipat banyak dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria. (HR. Bukhari)
17) Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : “Allah, Allah.” (HR. Muslim)
18) Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir. (HR. Muslim)
19) Tibanya kiamat atas makhluk-makhluk yang jahat. (HR. Muslim) Artinya saat kiamat tiba tidak ada lagi orang beriman. Jadi yang ditimpa azab kiamat ialah orang-orang yang jahat.
20) Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir dan orang yang pada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan (imbalan) harta benda dunia. (HR. Abu Daud)
21) Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)
22) Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid. (HR. Abu Dawud)
23) Belum akan kiamat sehingga merajalela “Alharju” (Pembunuhan, pembunuhan). (HR. Ahmad)
24) Belum akan tiba kiamat sehingga kaum Muslimin berperang dengan orang-orang Yahudi. Kaum Muslimin membunuh mereka dan mereka bersembunyi di balik batu dan pohon-pohonan. Lalu batu dan pohon-pohon berkata : “Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini orang Yahudi di belakang saya. Mari bunuhlah dia.” Kecuali pohon “Gharqad” yang tumbuh di Baitul Maqdis. Itu adalah pohon orang Yahudi. (HR. Ahmad)
25) Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji. (HR. Hakim)
26) Pemutusan hubungan kekeluargaan. (HR. Hakim)
27) Beretika buruk dengan tetangga. (HR. Hakim)
28) Orang jujur (amanat) dituduh berkhianat. (HR. Hakim)
29) Dan orang yang khianat diberi amanat. (HR. Hakim)
30) Saat akan tiba kiamat, zaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. At Tirmidzi). Penjelasan : Jika kiamat tiba maka rotasi bumi makin cepat.

Siaga Menghadapi Kiamat

Dengan mengacu kepada tanda-tanda kiamat (kiamat qubra) seperti yang disampaikan dalam hadits-hadits di atas dan melihat kondisi yang ada pada dewasa ini maka dapatlah kita katakan kalau kiamat itu masih jauh. Walau demikian bukan berarti kita harus tidak dalam keadaan siaga, karena kiamat kecil alias kematian selalu mengintai. Kecuali Allah SWT maka tidak ada yang tahu kapan dan di bumi mana seseorang itu akan mati. Oleh karena itu tetap bersiaga dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT adalah cara paling terbaik. Siaga selalu dalam menghadapi kiamat atau mati yang datangnya tidak terduga itu adalah tanda ketaqwaan. Bukan mati yang kita takuti, tetapi proses sesudah mati, yaitu saat amal perbuatan selama masih hidup di dunia dihisab. Kalau kita mati maka hanya amal sajalah yang tetap akan menemani, sesuai sabda Rasulullah SAW : “Orang mati itu diikuti tiga perkara, yang dua kembali, sedang yang satu tetap mengikuti. Ia diikuti keluarganya, hartanya dan amalnya, maka keluarga dan hartanya kembali dan yang tinggal adalah amalnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Waladzikrullahi Akbar.

Jum’at, 7 Jumadil Tsaniah 1420 H - 17 September 1999

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat membantu, silahkan kunjungi web kami http://bit.ly/2xRreQj

    BalasHapus